Berapa Banyak Laporan yang Dapat Dihasilkan data ini?

Setiap hari Faskes disibukkan dengan aktivitas pelayanan kepada pasien. Setiap hari pula ada laporan-laporan yang harus dibuat untuk berbagai pihak seperti manajemen (internal), BPJS, Dinas Kesehatan, Asuransi, dan mungkin pihak lainnya. Pertanyaannya, apakah Faskes Anda sudah menyediakan laporan-laporan yang dibutuhkan pada saatnya? atau harus menunda beberapa jam atau beberapa hari? Posting Seri Manajemen dan Analisis data ini akan mencoba menjelaskan bagaimana seharusnya Faskes bekerja dengan efektif dan efisien.

Sebelum membahas isu manajemen data dan analisisnya ini, ada baiknya kita coba gali dulu kemampuan Faskes kita dengan kasus sederhana ini. Kami memiliki data real yang sudah dimodifikasi untuk menjadi contoh dan keperluan latihan saja. Datanya sebagai berikut:

Data ini dibangkitkan dari aplikasi SIMRS yang berisi 3 waktu kapan rekam medis dipesan (saat pasien mendaftar), kapan waktu rekam medis tersebut diantarkan ke poli, dan kapan waktu rekam medis tersebut diterima di poli. Dari data yang hanya 6 kolom ini, pertanyaannya adalah berapa banyak informasi atau laporan yang dapat dihasilkan?

Silakan jawab dulu dengan memberikan komentar di bawah posting ini. Kami tunggu ya.

Series NavigationBanyak Informasi dari Kemampuan Pengolahan dan Analisis Data >>

2 comments on “Berapa Banyak Laporan yang Dapat Dihasilkan data ini?”

  1. Eti Nurhayati Reply

    Informasi yg bs diperoleh dari data tsb.:
    (1) waktu pelayanan rekam medik:
    *Pd peta kendali-nya akan terlihat rata2 waktu pelayanan dan batas atas/bwh kendali, titik wkt-wkt (pkl brp sj.) utk menemukan adanya sebab spesial, ….dst …bisa diukur kapabilitas prosesnya
    (2) jumlah pasien yg datang ke poliklinik per hari, dan pola antrian di loket pendaftaran … diperlukan untuk menghitung jumlah loket yg optimal
    (3) jumlah pasien di tiap klinik (poli) per hari dan pola antriannya…
    (4) Bila diketahui waktu pelayanan dokter di tiap klinik (mulai periksa pasien dan rata2 lama pemeriksaan) maka bisa diukur “waktu tunggu”…. sehingga bisa dihitung perkiraan pasien akan dilayani dokter…

    Pertanyaan:
    Pd kolom E: apakah data yg ekstrim out of control (dan yg kosong) :
    * Dibuang (??) ..saat kita mbuat peta kendali
    *Tapi tetap mjd catatan khusus utk mencari sebab spesial di titik2 tsb.
    Terimakasiiiiiih.

  2. irihm Reply

    Wah banyak juga ya bu eti:
    1. ya bisa diperoleh
    2. ya betul
    3. sama ngga dengan no 2 bu eti?
    4. memang waktu pelayanan dokter tidak diketahui dalam data ini.

    jadi menurut bu eti setidaknya 2 informasi (laporan) yang bisa diambil dari data tersebut. bagaimana yang lain?

Leave A Reply

Your email address will not be published.