Banyak Informasi dari Kemampuan Pengolahan dan Analisis Data

Terima kasih ada 1 respon terhadap postingan sebelumnya mengenai pertanyaan informasi apa yang dapat diekstrak dari set data yang disampaikan. Apakah benar 2 atau 4 informasi yang dapat diperoleh? Ya benar, jawabannya lebih dari itu, bahkan lebih dari 10 jenis informasi dalam berbagai format (tabel maupun grafik). Terlepas bahwa set data tersebut menunjukkan suatu fenomena yang perlu diperbaiki, kemampuan analis sangat menentukan banyaknya informasi yang dapat diekstrak dari data tersebut. Apa saja?

Kita mulai dari data tentang pasien:

  1. jumlah kunjungan pasien ke RS tersebut per periode, apakah itu bulan atau minggu atau hari
  2. Turunannya adalah jumlah kunjungan pasien ke poli tertentu
  3. Jumlah pasien yang berkunjung per periode
  4. Turunannya adalah jumlah pasien yang berkunjung ke poli tertentu
  5. Jumlah kunjungan tiap pasien dalam bulan tersebut. Ada yang cuma sekali berkunjung, ada yang lebih dari 5 kali berkunjung
  6. Untuk poin 1-4, kita dapat membuat distribusi jumlah kunjungan maupun pasien dari jam demi jam untuk melihat peak hours dalam grafik.
  7. Untuk poin 1-4, kita dapat mengetahui rata-rata kunjungan dan pasien per periode, misalnya per jam (antara jam 7-8, 8-9 dsb)

Informasi tentang Poli dapat diketahui dari

  1. Poli mana yang paling banyak dikunjungi secara total atau rata-rata
  2. Poli mana yang paling banyak pasiennya secara total atau rata-rata

Informasi tentang proses:

  1. Rata-rata waktu proses registrasi per periode
  2. Rata-rata waktu waktu penyiapan rekam medis per periode
  3. Rata-rata waktu distribusi rekam medis per periode

Selanjutnya jika informasi-informasi tersebut diolah lagi, maka akan dapat diketahui berapa lama waktu tunggu antar proses. sehingga dapat menyimpulkan apakah proses pelayanan di RS tersebut memenuhi standar pelayanan minimum waktu tunggu rawat jalan atau tidak.

Bagaimana melakukannya? apakah membutuhkan konsultan yang hebat dan mahal? atau software yang canggih dan mahal? atau butuh waktu berjam-jam hingga berhari-hari? Sama sekali tidak. Selama kita punya microsoft excel di komputer, maka anda pun (tanpa bantuan asisten atau staf ahli) dapat melakukannya dengan cepat (dalam hitungan menit saja). Silakan bergabung di acara ini untuk melakukan “sulap” tersebut.

Series Navigation<< Berapa Banyak Laporan yang Dapat Dihasilkan data ini?Tidak Ada SIMRS, Excel Pun Jadi >>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *