Tidak Ada SIMRS, Excel Pun Jadi

Melanjutkan posting sebelumnya, manajemen dan analisis data sangat diperlukan untuk menghasilkan informasi yang penting bagi pengambilan keputusan dalam proses pelayanan kesehatan. Kali ini kami ingin menunjukkan beberapa contoh betapa mudahnya excel mengolah data set yang disampaikan pada postingan pertama. Yok kita lihat.

Video berikut ini menunjukkan bagaimana kita dapat mengolah data set yang ada sehingga menghasilkan banyak informasi yang berguna bagi pelayanan kesehatan seperti yang disebutkan pada posting sebelumnya. Fitur Excel yang banyak digunakan untuk keperluan kita kali ini adalah pivot table. Fitur ini tersedia di versi Excel mana pun. Jika dibutuhkan pivot chart juga dapat dihasilkan dengan cara yang kurang lebih sama. Seandainya setiap faskes mengolah dan menganalisis data yang terekam setiap hari di faskes, dapat dibayangkan perbaikan pelayanan bukan sesuatu yang sulit.

Bagi Faskes yang belum memiliki SIMRS, tidak perlu berkecil hati karena informasi penting dapat dihasilkan juga dengan excel. Tidak jarang juga Faskes dengan SIMRS yang cukup mahal tetapi tidak dapat mengeluarkan banyak informasi penting. Yang diperlukan adalah mindset bahwa setiap program di Faskes harus didukung dengan data. Walaupun kadang data belum dirancang dengan baik, dengan sedikit ketrampilan menggunakan excel kita tetap dapat mengekstrak informasi yang dibutuhkan.

Series Navigation<< Banyak Informasi dari Kemampuan Pengolahan dan Analisis DataKesalahan Umum Dalam Mengelola Data >>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *