Public Training: Manajemen Persediaan di Rumah Sakit

Loading Map....

Date/Time
Date(s) - 26/05/2016 - 27/05/2016
8:00 am - 5:00 pm

Location
Gedung Pertamina, MBA ITB

Categories


Manajemen persediaan meliputi aktivitas pengelolaan bahan mentah, bahan baku, sarana prasarana alat hingga barang jadi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan biaya serendah mungkin. Tingginya persediaan di rumah sakit tidak lagi dapat dianggap sebagai asset yang menguntungkan, tetapi justru sebaliknya menjadi bagian dari pengeluaran yang cenderung tersembunyi.Pengelolaan yang tidak tepat akan berakibat tidak saja pada kondisi overstock sehingga biaya persediaan meningkat tetapi juga memungkinkan terjadinya stock-out atas obat atau bahan makanan yang dibutuhkan pasien. Di rumah sakit tentu saja hal ini menjadi hal yang kritikal karena menyangkut kesehatan dan keselamatan pasien.

Pentingnya pengendalian persediaan tidak hanya berhenti sampai pengurangan biaya dan peningkatan service level. Sebagaimana sudah dimaklumi bersama bahwa keselamatan dan keamanan pasien adalah nomor satu. Baik secara langsung atau pun tidak, pengendalian persediaanmenyangkut ketersediaan fasilitas, sarana prasarana dan alat-alat pendukung operasional rumah sakit. Dengan demikian, pemahaman para pengelola rumah sakit tentang persediaan mulai dari level direktur hingga operator di lapangan menjadi sangat penting. Bahkan bukan suatu yang berlebihan, jika banyak perusahaan mengandalkan sistem rantai pasok mereka, yang di dalamnya terkandung pengendalian persediaan, sebagai alat meraih keunggulan kompetitif.

Tujuan

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikanpengetahuandan skill dalam mengelola persediaan yang dapatdiaplikasikanpadaberbagai fungsi di Rumah Sakit. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta memiliki pengetahuan dan kemampuan

  1. Menentukan variabel keputusan dalam pengendalian persediaan yang dengannya akanmenjamin ketersediaan bahan mentah, bahan baku dan produk dalam kuantitas yang tepat dan pada waktu yang tepat.
  2. Mengurangi biaya persediaan tanpa mengurangi tingkat pelayanan pada pelanggan internal.
  3. Meningkatkan pelayanan dan kepuasan pasien.

Waktu dan Metoda

Program ini diselenggarakan dalam waktu 2 hari dengan total 8 sesi @90 menit. Disamping akan diberikan template tentang bagaimana cara menghitung dan menganalisis persediaan. Peserta akan diminta membawa problem di tempat kerja untuk diselesaikan selama mengikuti program sehingga solusi diperoleh ketika selesai mengikuti program.

Peserta

Pelatihan ini dirancang untuk para pengelola berbagai tipe atau kelas rumah sakit, fasilitas kesehatan lainnya seperti puskesmas, apotek, atau klinik. Materi yang disampaikan akan bermanfaat bagi para pengambil keputusan yang terkait dengan kebijakan persediaan, bagian perencanaan, dan para pelaksana sebagai pengelola di lapangan. Oleh karena itu pelatihan ini penting untuk Pimpinan RS dan para kepala unit yang mengelola persediaan seperti farmasi, gizi, logistik, unit pemeliharaan sarana/prasarana, serta Satuan Pemeriksa Internal.

Dalam pelatihan ini para peserta diminta membawa “persoalan” persediaan di rumah sakit masing-masing untuk dipecahkan bersama. Untuk itu peserta diharapkan menyiapkan data yang relevan dengan analisis kebijakan persediaan di tempat kerjanya. Untuk memudahkan proses pengolahan dan analisis, pesertaakan diberikan format data isian yang akan dikirimkan lewat email setelah proses pendaftaran.

Bookings

Bookings are closed for this event.