Efisiensi dalam Manajemen Persediaan di Fasilitas Kesehatan

This entry is part 1 of 5 in the series Manajemen Persediaan

Mengelola organisasi baik profit maupun non-profit umumnya tidak hanya berupaya mencapai tujuan (effectiveness/keefektifan). Jika mengacu pada konsep Input-Proses-Output (IPO), sisi output akan berhubungan dengan keefektifan, maka sisi input yang terkait dengan efisiensi harus juga diraih. Hal ini juga berlaku bagi fasilitas kesehatan, mulai dari puskesmas, klinik, apotek hingga rumah sakit. Indikator terkait dengan keefektifan dapat dilihat misalnya pada indikator kinerja mutu pelayanan dan manfaat bagi masyarakat (Tingkat kesehatan BLU RS), atau indikator-indikator mutu/proses pelayanan dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) RS. Namun indikator terkait dengan efisiensi ternyata masih kurang mendapat perhatian. Apa buktinya?

[…]

Mengelola Koin Persediaan

This entry is part 2 of 5 in the series Manajemen Persediaan

Pada posting sebelumnya sudah disinggung bahwa indikator perputaran persediaan sebenarnya belum memberikan arah bagaimana sebaiknya persediaan dikelola. Indikator ini baru memberikan sinyal apakah persediaan kita bermasalah atau tidak. Oleh karena itu kita harus melihat variabel yang lebih detil terkait kinerja persediaan kita. Namun sebelum sampai pada detil tersebut, ada baiknya kita memahami “koin” persediaan lebih jauh. Secara umum kita pasti sudah menyadari betapa persediaan yang berlebih akan menahan laju perputaran uang yang sangat diperlukan dalam menjalankan fasilitas kesehatan. Dalam hal ini persediaan memang berkaitan erat dengan koin alias uang. Namun koin persediaan memiliki arti lain yang tidak kalah penting. Apa itu?

[…]

Service Level dalam Manajemen Persediaan

This entry is part 3 of 5 in the series Manajemen Persediaan

Mari kita lihat lebih jauh mengenai service level dalam manajemen persediaan. Apa itu service level? Sederhana saja, jika pelanggan membutuhkan sesuatu dari pemasok dan sesuatu itu tidak ada, maka dikatakan pemasok gagal memenuhi permintaan pelanggan. Kalau dari 100 permintaan, hanya dapat dipenuhi 90 kali, dapat dikatakan service levelnya 90%. Nah, berapa service level di fasilitas kesehatan tempat anda bekerja?

[…]

Mengenal Safety Stock (Stok Pengaman)

This entry is part 4 of 5 in the series Manajemen Persediaan

Kita sering mendengar istilah safety stock (stok pengaman) dalam pengelolaan persediaan. Tapi apa arti safety stock sebenarnya? ada yang mengatakannya sekedar stok yang diadakan sebagai pengaman agar item persediaan selalu ada. Tentu saja pengertian ini benar adanya, tapi belum menggambarkan arti praktisnya. Agar persediaan selalu ada itu artinya berapa banyak? Ada juga yang mengartikan safety stock sebagai batas stok yang minimal harus ada. Pertanyaannya berapa minimal tingkat persediaan ini? ada juga yang mengartikannya sebagai tingkat persediaan dimana kita harus segera melakukan pemesanan kembali agar persediaan kembali terisi. Yang mana yang benar? Mari kita lihat lebih dekat.

[…]