Mengolah dan Menganalisis Data: Skill Semua Level

Cukup sering kami dengar ucapan bahwa Pelatihan Manajemen Data (dan Analisisnya) bukan untuk para manajer, apalagi manajemen puncak. Pelatihan semacam itu hanya diperuntukkan bagi staf atau karyawan yang sehari-hari bekerja di level operasional. Manajemen menengah hingga puncak hanya menerima hasil yang mereka olah dalam bentuk laporan-laporan. Apakah benar demikian?

Rasanya bukan hal yang aneh ketika dalam suatu rapat orang yang harus mengambil keputusan terpaksa menunda pengambilan keputusan atau diskusi karena informasi yang dibutuhkan tidak tersedia. Biasanya pimpinan model begini akan menghubungi bawahannya untuk segera mengirimkan informasi yang diperlukan. Ya kalau informasi tersebut sudah siap kirim. Bagaimana kalau tidak siap? alias harus diolah dulu. Dan tidak jarang pula mengolahnya pun butuh beberapa saat. Bisa dalam menit, jam, atau bahkan harian. Betapa ruginya waktu yang terbuang sia-sia karena pimpinan alergi dengan data mentah atau tidak mampu mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan.

Pada situasi semacam itu jelas siapa pun harus dapat mengolah data dengan cepat. Sepanjang data mentahnya tersedia, berbagai informasi pada dasarnya dapat diperoleh dengan kemampuan mengolah data. Jika kita belum sanggup membeli aplikasi yang canggih, Microsoft Excel mestinya cukup sebagai perangkat pengolah data dan rasanya pasti dimiliki setiap komputer saat ini.

Jika mengandalkan staf di level operasional untuk mengolah data, biasanya output yang dihasilkan terbatas pada apa yang sudah ditetapkan atau standar yang dibutuhkan organisasi. Namun tidak jarang dan akan makin tinggi kebutuhan kan informasi-informasi yang selama ini belum disiapkan secara standar. Pada saat itu, staf akan sulit memenuhi permintaan baru yang belum pernah dilakukannya. Kalaupun staf tersebut akhirnya dapat melakukannya, biasanya dibutuhkan waktu yang cukup lama menyelesaikannya.

Pengalaman nyata beberapa minggu lalu, seorang kepala instalasi mengungkapkan betapa senangnya ketika mengetahui bahwa untuk mengolah data dan menghasilkan informasi yang dibutuhkan menggunakan excel dapat dilakukannya sendiri hanya dalam beberapa menit !!! yang biasanya dapat dikerjakan oleh stafnya beberapa hari. Bayangkan betapa besar penghematan waktu kerja jika kemampuan mengolah dan menganalisis data ini dimiliki setiap orang di berbagai level organisasi. Pasti Luar biasa! Jadi tunggu apalagi? Upgrade skill anda dan staf anda di sini.

Series Navigation<< Salah Format Data, Banyak Pemborosan Sumber Daya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *