Berapa Banyak Laporan yang Dapat Dihasilkan data ini?

This entry is part 1 of 6 in the series Manajemen dan Analisis Data

Setiap hari Faskes disibukkan dengan aktivitas pelayanan kepada pasien. Setiap hari pula ada laporan-laporan yang harus dibuat untuk berbagai pihak seperti manajemen (internal), BPJS, Dinas Kesehatan, Asuransi, dan mungkin pihak lainnya. Pertanyaannya, apakah Faskes Anda sudah menyediakan laporan-laporan yang dibutuhkan pada saatnya? atau harus menunda beberapa jam atau beberapa hari? Posting Seri Manajemen dan Analisis data ini akan mencoba menjelaskan bagaimana seharusnya Faskes bekerja dengan efektif dan efisien.

[…]

Banyak Informasi dari Kemampuan Pengolahan dan Analisis Data

This entry is part 2 of 6 in the series Manajemen dan Analisis Data

Terima kasih ada 1 respon terhadap postingan sebelumnya mengenai pertanyaan informasi apa yang dapat diekstrak dari set data yang disampaikan. Apakah benar 2 atau 4 informasi yang dapat diperoleh? Ya benar, jawabannya lebih dari itu, bahkan lebih dari 10 jenis informasi dalam berbagai format (tabel maupun grafik). Terlepas bahwa set data tersebut menunjukkan suatu fenomena yang perlu diperbaiki, kemampuan analis sangat menentukan banyaknya informasi yang dapat diekstrak dari data tersebut. Apa saja?

[…]

Tidak Ada SIMRS, Excel Pun Jadi

This entry is part 3 of 6 in the series Manajemen dan Analisis Data

Melanjutkan posting sebelumnya, manajemen dan analisis data sangat diperlukan untuk menghasilkan informasi yang penting bagi pengambilan keputusan dalam proses pelayanan kesehatan. Kali ini kami ingin menunjukkan beberapa contoh betapa mudahnya excel mengolah data set yang disampaikan pada postingan pertama. Yok kita lihat.

[…]

Kesalahan Umum Dalam Mengelola Data

This entry is part 4 of 6 in the series Manajemen dan Analisis Data

Beberapa posting sebelumnya tentang Manajemen dan Analisis Data hanya ingin menunjukkan betapa bekerja dengan data yang siap diolah adalah sesuatu yang mudah dan menyenangkan. Waktu dan tenaga yang diperlukan pun tidak banyak. Tetapi persoalannya adalah ada banyak sekali data yang berkeliaran di sekitar kita tidak siap diolah. Akibatnya untuk mengolahnya dibutuhkan usaha tambahan yang luar biasa besar dan itulah sumber dari inefisiensi dalam banyak organisasi. Agar terhindar dari hal tersebut, berikut ini disampaikan kesalahan umum orang dalam mengelola data.

[…]

Salah Format Data, Banyak Pemborosan Sumber Daya

This entry is part 5 of 6 in the series Manajemen dan Analisis Data

Salah satu kesalahan yang sering dijumpai dalam Manajemen Data adalah lemahnya perencanaan sehingga data tidak dirancang dengan baik sejak awal. Kalau sebelumnya hanya berupa contoh sederhana yaitu penentuan field atau kolom data, posting kali ini akan memberikan contoh yang jauh lebih dahsyat. Bukan dahsyat hebatnya, tapi dahsyat pemborosannya. mari kita lihat.

[…]

Mengolah dan Menganalisis Data: Skill Semua Level

This entry is part 6 of 6 in the series Manajemen dan Analisis Data

Cukup sering kami dengar ucapan bahwa Pelatihan Manajemen Data (dan Analisisnya) bukan untuk para manajer, apalagi manajemen puncak. Pelatihan semacam itu hanya diperuntukkan bagi staf atau karyawan yang sehari-hari bekerja di level operasional. Manajemen menengah hingga puncak hanya menerima hasil yang mereka olah dalam bentuk laporan-laporan. Apakah benar demikian?

[…]